Cara Mengobati Sakit Perut

Kadangkala ketika kita setelah memakan makanan tertentu kita akan merasakan nyeri yang muncul di daerah sekitar perut, biasanya penyebabnya adalah makanan yang masuk kedalam tubuh tidak cocok dengan tubuh kita sehingga terjadilah sakit perut. Selain hal tersebut penyebab lain dari sakit perut bisa terjadi akibat gangguan yang terjadi di organ dalam tubuh kita misalkan di lambung, usus, hati, atau ginjal.

Penyebab sakit perut yang dirasakan akan berbeda-beda tergantung dari jenis gangguan organ dalam mana yang sedang mengalami gangguan atau infeksi, maka penyebab dari sakit perut bisa dideteksi dengan penyebab dimana letak dari sakit perut itu berlangsung.

Sakit perut yang muncul di perut bagian kanan atas

Penyakit yang bisa muncul karena sakit perut di daerah ini antara lain Hepatitis, Batu empedu, Radang kandung empedu, Infeksi ginjal, Batu ginjal, Kanker hati.

Sakit perut disebelah kanan bawah

Infeksi ginjal, Pembesaran limpa, Sembelit atau Batu ginjal. Selain itu sakit perut yang berada didaerah ini juga bisa dipengaruhi oleh paru-paru.

Sakit perut bagian kiri bawah

Biasanya penyebab atau pemicunya adalah Batu saluran kemih, Infeksi saluran kemih, Radang usus atau Sumbatan usus.

Sakit perut bagian tengah

Untuk penyebab umum dari sekit perut didaerah ini adalah terjadinya maag, karena adanya luka yang muncul di daerah lambung dan asam lambung mengenai luka tersebut.

Bentuk pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau agat tidak terkena sakit perut antara lain mencuci tangan sebelum makan, perbanyak minum air putih, pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, berhenti merokok, jangan minum minuman yang mengandung alkohol, jangan berbaring setelah makan beri jeda 2 jam baru bisa berbaring.

Dalam memperbanyak minum air putih selain untuk mengurangi dehidrasi juga bisa membantu saluran ginjal dan saluran kemih terjaga dari serangan batu ginjal dimana apabila terjadi sumbatan karena kristal ginjal maka yang terjadi tidak hanya sakit perut tetapi juga pada saat kita buang air kecil akan terasa sakit dan kadang mengeluarkan darah atau batu kecil.

Cara mengobati sakit perut yang bisa dilakukan apabila kita terserang sakit perut bisa dilakukan tergantung dari oemicu sakit perut yang kita alami, misalkan sakit perut yang kita alami karena maag maka kita bisa meminum obat penurun rasa sakit atau obat maag yang sudah banyak tersedia diapotek. Selain meminum obat kita juga bisa melakukan hal-hal sederhana dirumah kita jika terkena sakit perut. Seperti

  • Menggunakan handuk yang sudah dicelupkan air hangat dan ditempelkan diperut
  • Melakukan olahraga atau meditasi untuk pengelolaan stres
  • Jangan makan makanan dalam porsi yang terlalu banyak, karena lambung kita mempunyai kapasitas yang berbeda dalam hal pengolahan berbagai macam makanan yang masuk ke lambung
  • Kunyah makanan yang akan di telan dengan perlahan dan sampai lunak, ini berguna agar lambung bisa dengan cepat menyerap atau mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh kita
  • Hindari makanan yang menjadi pemicu sakit perut biasanya makanan pedas atau makanan asam yang menjadi pemicunya.

Obat Sakit Perut Dengan Bahan Alami

Selain menggunakan cara diatas kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit perut kita. Bahan-bahan alami yang bisa mengurangi rasa sakit perut diantaranya.

Jahe

Jahe merupakan obat anti peradangan dimana sudah terkenal sejak lama bahwa jahe bisa mencegah mual. Untuk pengobatan sakit perut kita bisa mengunyah sedikt jahe atau kita bisa memasukan jahe kedalam teh untuk kita minum

Daun mint

Daun mint mengandung bahan analgesik alami yang sangat bermanfaat untuk digunakan mengurangi rasa mual. Untuk menggunakanya kita bisa menggunakan air didikan daun mint untuk diminum atau memakan permen dengan rasa mint atau bisa juga kita mengunyah langsung daun mint untuk dimakan langsung.

Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Liver

Cuka sari apel

Apabila anda tidak suka dengan rasa asam dari cuka bisa ditambahkan madu dan sedikit air hangat untuk campurannya dan diminum secara berlahan-lahan, kanduungan asam dari sari apel ini bisa mempercepat proses pencernaan di dalam lambung sehingga akan cepat tercerna dan masuk kedalam tubuh.

Diet BRAT

Diet ini merupakan diet dengan kepanjangan dari brat (banana, rice, apple, and toast) jadi kita bisa menggunakan pisang, nasi, apel, dan roti panggang sebagai bahan diet kita. Karena dalam melakukan diet ini jumlah kadar gula yang sedikit bisa membantu kita untuk mengurangi rasa sakit perut yang melilit.

Begitulah beberapa cara agar kita bisa mengurangi rasa sakit perut kita yang muncul, catatannya teliti sakit perut sebelah mana yang dirasakan dan apabila sakit perut tidak kunjung sembuh segera hubungi dokter agar mendapat perawatan medis.

× Buat Janji Dengan Dokter