Cara Mengatasi Gigi Ompong di Usia Muda

Loh mengapa masih berusia belasan tahun gigi sudah ompong? Apa kira-kira tidak malu memiliki gigi yang ompong? Nah loh. Jangan salah guys! Gigi ompong yang melanda para manusia yang berusia masih muda terkdang bukan hanya perkara sudah goyang saja giginya melainkan bisa karena faktor lain sehingga gigi bisa dikatakan ompong atau menghilang.

Faktor lain penyebab gigimu menjadi ompong adalah bisa terjadi karena kamu mengalmi kecelakaan dan gigimu membentur sesuatu sehingga tidak tumbuh lagi. Itu bisa. Atau bisa juga ketika kamu melakukan hal lain sehingga terjadi kecacatan pada gigi.

Jika kamu adalah seorang anak kecil, tentu keompongan itu dapat teratasi dengan gigi yang kembali tumbuh, ya! Sayangnya usiamu sudah belasan bahkan puluhan tahun namun gigimu masih saja lepas. Dengan begitu tentu tidak akan tumbuh lagi setelah gigi susumu berubah semua. Jangan galau. Zaman sudah secanggih dengan kekayaan teknologinya, kamu bisa menempuh beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi gigi ompong di usia muda. Ingin tahu? Simak penjelasan berikut!

Berikut ini Cara Mengatasi Gigi Ompong di Usia Muda yang bisa coba kamu terapkan ya.

1. Memakai gigi palsu

Memakai gigi palsu? Yups! Jika suatu masalah memang bisa dihadapi dengan sesuatu yang mudah, kenapa tidak? Gigi palsu ini bisa mejadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin menutupi keompongan. Baik sebagian mau pun keseluruhan pada gigi. Karena pada dasarnya dalam pembuatan gigi palsu ini sengaja didesain menjadi dua. Yaitu untuk keselurihan dan intuk sebagian saja.

Lalu, gigi palsu juga sangat mudah di dapat di sisi harganya yang relatif murah. Nah! Jika kamu memilih gigi palsusebagai alternatif mengatasi gigi ompong kamu bisa melepasnya ketika hendak dibersihkan. Setelah itu baru dipasang kembali.

2. Memakai iplan pada gigi

Pernahkah kamu mendengar kata implan? Nah! Implan gigi ini sebenarnya digunakan jika rongga mulut kita berubah menjadi mengecil dan sudah tidak memungkinkan kembali untuk dipasang gigi palsu. Meski harga implan gigi ini lebih mahal dari gigi palsu namun kamu tahu tidak jika implan gigi ini sebenarnya merupakan bagian dari kebutuhan gigi ompong yang sangat awet digunakan yakni hingga hitungan tahun lamanya. Dan, selain lebih tahan lama implan gigi ini juga merupakan salah satu yang dapat mencegah terjadinya kecilnya rongga pada mulut.

3. Memakai bridge

Bridge adalah salah satu cara di mana kamu memasangkan sebuah gigi palsu di antara dua gigi asli sehingga sebuah gigi palsu ini akan diapit oleh dua gigi asli di depan atau belakangnya. Pemakaian metode bridge ini merupakan melengkapi salah satu gigi yang ompong saja. Untuk harga sangat jauh lebih mahl jika dibandingkan dengan poin ke satu dan kedua.

Selain lebih mahal harganya, karena itulah kamu masih diberi kesempafan untuk memilih gigi dari bahan emas atau titanium kah yang akan kamu gunakan. Selain itu, metode bridge ini juga sangat awet. Di mana ada harga sesuai dengan kualitas. Waktu pemakaian bridge ini sangat lama. Bisa mncakup waktu hingga 15 tahun lamanya kamu baru boleh ganti. Bagaimana sangat awet, bukan?

Di atas merupakan 3 cara yang bisa kami gunakan untuk menutupi keompongan gigimu. Karena jika setelah gigi susu akan tumbuh gigi baru lagi, namun setelah gigi baru atau gigi seri itulah jika kamu ompong maka gigimu tidak akan tumbuh lagi. Jadi wajar saja jika banyak orang berlomba-lomba mencari alternatif untuk menjaga penampilan mereka. Selain meningkatkan rasa percaya diri, gigi palsu ini juga menambah kualitas kunyahan makanan hang masuk ke dalam rongga mulutmu. So, bagaimana? Saran dari kami, gunakanlah metode sesuai kebutuhan rongga mulutmu, ya. Dan sesuaikan pula dengan budgetmu ya.

Cara Mencegah Gigi Ompong di Usia Muda

Namun alangkah baiknya sebelum kamu memilih beberapa metode itu dan gigi masih dalam keadaan baik-baik saja tidak dalam keadaan ompong, rawat dan jagalah gigi kamu. Kemudian cegahlah dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan ompong pada gigimu. Kini ada beberapa cara yang bisa kamu tiru untuk mencegah terjadinya gigi ompong.

Baca Juga: Cara Mudah Mengobati Sakit Kepala

1. Periksa gigi secara berkala di antara 1 tahun dua kali

Periksa gigi untuk mengetahui masalah apa yang tengah melanda pada gigimu. Sehingga dengan
demikian sebuah kuman kecil yang bertugas merusak kekuatan gigimu bisa langsung dibasmi
sebelum menggerogoti keutuhan gigi kamu.

2. Hindari makan makanan yang terlalu keras.

Jika kiranya gigimu tidaklah kuat untuk menjangkau makanan yabg terlampau keras, pilihlah makanan lain yang kiranya dapat membuat gigimu berfungsi dengan baik. Toh dengan demikian juga tidak terlalu memaksakan kekuatan kinerja gigi kamu, sehingga gigi kamu dapat dicegah keompongannya.

Bagaimana? Kamj bisa mencegah terjadinya keompongan gigi sebelum mulai mengobati keompongannya yaa. Tentu! Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

× Buat Janji Dengan Dokter