8 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang? Masalah ini seolah menjadi suatu problem yang sudah biasa ya walau sebenarnya sakitnya sangat luar biasa. Pernahkah kamu mendengar istilah sakit gigi? Atau pernahkah kamu merasakan sakit gigi? Konon katanya, sakit hati lebih baik ketimbang sakit gigi. Nah! Kenapa demikian? Kira-kira sesakit apa sih sakit gigi itu sehingga orang sampai mengklaim bahwa sakit hati itu lebih baik? Padahal jika ditelisik dalam ranah kejiwaan, orang yang sakit hati pun akan berkata tidak mending dua-duanya.

Lalu, faktor apakah saja yang bisa menyebabkan timbulnya gigi berlubang? Bagaimana cara mencegah gigi berlubang? Simak ulasan artikel berikut.

1. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Buat kamu yang tengah menghindari atau bahkan sudah mengalami bagaimana rasanya sakit gigi, sebaiknya hindari deh terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Selain membuat lebih cepat gigi menjadi rusak, makanan manis juga bisa tertinggal walau setitik di gigi.

2. Rajin menggosok gigi

Cara kedua untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan rajin menggosok gigi. Minimal kamu harus menggosok gigi dua kali dalam satu hari. Bahkan ada baiknya juga jika kamu sesudah makan dianjurkan menggosok gigi. Baik sebelum tidur pun kamu juga sangat dianjurkan untuk menggosok gigi. Hal ini demikian sebab ketika kamu tertidur seluruh fungsi organ tubuhmu berhenti bekerja kecuali otak. Maka dari itu memicu timbulnya kuman dalam gigi yang mampu menggerogoti kesehatan gigi.

3. Hindari minuman dan makanan terlalu panas

Pernahkah kamu mengkonsumsi suatu makanan atau minuman yang bersuhu tinggi? Misal kamu memakan atau meminum suatu produk yang baru saja dimasak. Maka dari situ selain secara fisik makanan dan minumannya mengeluarkan asap, juga jika dimakan pun tidak baik bagi kesehatan. Kamu akan merasakan linu yang signifikan ketika kamju mengkonsumsi makanan atau minuman panas. Selain itu hal ini juga dapat membuat lidah atau bibirmu melepuh. So, meski tidak ditiup, sebaiknya tunggu makanan atau minumanmu dingin yaa. Karena jika tidak efek lainnya selain merapuhkan gigi adalah membuat warna gigimu menjadi berubah kuning.

4. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu dingin

Sama seperti produk makanan atau minuman panas, kamu juga tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin. Hal ini juga akan membuat gigimu terasa linu dan sensitif.

Baca Juga: 5 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

5. Cegah penumbuhan plak pada gigi

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan plak itu? Plak adalah karang pada gigi yang jika dibiarkan semakin lama akan menimbulkan kerusakan pada gigi. Pada awalnya, plak ini adalah sisa-sisa makanan yang menimbun pada gigi. Artau jika kamu habis tidur, belum menggosok gigi juka memengaruhi timbulnya plak. Jika tidak dibuang secara signifikan, plak ini akan berubah warna menjadi kuning keabuan lalu menjadi kuning kehijauan dan bahkan berubah warna jadi coklat kehitaman. Nah! Plak di sini jika dibiarkan secara terus-menerus akan semakin tebal dan sulit dibuang kecuali jika kamu mau pergi ke dokter dan membuangnya. Itu pun jika gigimu belum terinfeksi bakteri.

6. Hindari terlalu banyak minuman bersoda

Barang kali kamu adalah salah seorang yang hobi mengkonsumsi soft drink, apakah kamu tahu jika soft drink ini mampu membuat besi berkarat menjadi hilang karatnya? Nah! Jadi maksudnya begini, karat pada besi saja bisa hilang jika disiram dengan air soda, lalu bagaimana dengan ususmu yang terus-menerus dimasuki minuman bersoda? Yups. Kesimpulannya, minuman bersoda ini memang kurang baik bagi kesehatan bahkan pertumbuhan gigi pada anak. Tidak hanya pada anak-anak bagi orang dewasa pun demikian.

7. Hindari Rokok

Jika kamu adalah seorang perokok aktif, salah satu sisi negatifnya adalah yang ditimbulkan pada gigimu. Yups! Rokok ini selain membuat bibirmu menjadi menghitam dalam kurun waktu yang lama, ternyata juka berefek pada gigimu. Gigi kamu yang semula putih akan berubah kekuningan karena asap rokok yang dibiarkan keluar masuk secara bebas tanpa memerhatikan kapan waktu berhenti.

8. Periksa gigi 6 bulan sekali

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan gigimu entah itu baik atau tidak, kamu perlu memeriksanya ke dokter gigi dalam waktu setahun dua kali. Toh kamu akan mengetahui keadaan gigimu apakah sehat atau tidak. Jadi, itulah beberapa cara untuk mencegah gigi berlubang.

Setidaknya, meski kamu tidak bisa secara keselurahan menghindari makanan manis, mulailah rutin menggosok gigi tiap harinya. Baik setelah makan mau pun sebelum tidur. Jika kamu baru bangun tidur juga kamu perlu menyikat gigi. Karena jika tidak, napasmu akan menjadi bau tidak sedap serta mengganggu orang-orang di sekitarmu atau orang yang kamu ajak bicara.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mulai rutin menyikat gigi selama dua kali sehari? Tentu selain menggosok gigi, kamu juga bisa dibantu dengan produk perawatan gigi lainnya yaa.

× Buat Janji Dengan Dokter