8 Cara Merawat Gigi Agar Putih

Memiliki gigi putih bersih, siapa yang tidak ingin? Selain membuat rasa percaya diri meningkat, gigi putih bersih juga akan membuatmu terlihat di mata krang lain bahwa kamu adalah seseorang yang selalu menjalani hidup sehat dan benar-benar merawat gigimu. Gigi putih bisa dihasilkan dari kebiasan pola makan atau cara menjaga gigimu setiap hari. Seperti mulai dari bangun tidur kamu bagaimana merawat gigi hingga menjelang tidur di malam hari apa yang kamu konsumsi juga memengaruhi kesehatan gigi.

Halomedis akan membahas tentang bagaimana cara merawat gigi agar putih, baik secara alami mau pun cara yang bukan alami. Simak poin-poin di bawah ini.

1. Menjaga konsistensi dalam menyikat gigi

Selain jika sehari-hari kamu memang harus menyikat gigi agar terbebas dari kuman penyakit, kamu juga harus berusaha rutin menyikat gigi. Minimal kamu harus menyikat gigimu dalam waktu dua kali satu hari. Itu paling sedikit yaa. Barng kali jumlah menyikat gigi yang paling umum adalah tiga kali dalam satu hari.

2. Hindari mengkonsumsi makanan terlalu panas

Selain dampak yang ditimbulkan dari makanan atau minuman panas adalah ras linu pada gigi, hal ini juga dapat membuat warn gigimu menjadi kuning tidak bersih. Maka dari itu, jika kmu sudah benar-benar lapar ingin menyantap makanan atu minuman yang ada di hadapan kamu, lebih baik tahanlah lebih dulu. Kamu juga perlu mengipasnya, bukan meniup makanan atau minumannya.

3. Perhatikan cara kamu menyikat gigi

Terkadang, cara menyikat gigi yang tidak benar juga dapat mengakibatkan tidak bersihnya sebuah gigi. Gigimu tidak akan terlihat putih hanya karena cara menyikatnya yang salah sebab kemungkinan besar masih tertinggal sisa-sisa makanan di antara gigi-gigimu itu. Jadi meskipun hal ini terbilang sepele kamu juga perlu memerhatikannya yaa.

4. Hindari rokok

Eits! Maksudnya adalah bagi kalian yang sudah mulai terlanjur menjadi perokok aktif, mulailah untuk mengurangi menghisap rokok. Karena selain tidak baik bagi kesehatan karena asapnya yag mengandung zat adiktif bersarang di paru-paru juga merupkan nikotin yabg terkandung didalam rokok dapat membuat gigimu menjadi berubah berwarna kekuningan. Nah! Inilah yang menjadikan timbulnya karang pada gigi kamu.

5. Kurangi konsumsi minuman kopi

Meski sebagian kopi jika dikonsumsi dapat menyehatkan, namun jika kamu mengkonsumsinya terus-menerus juga tidak baik. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat membuat gigimu secara perlahan menjadi berubah warna kekuningan atau bahkan jika kamu terlalu seing meminum kopi secara perlahan juga gigimu akan berubah warna menjadi kehitaman.

6. Hindari minuman beralkohol

Ya, barang kali kamu baru tahu. Bahwa minuman beralkohol yang lolos melewati gigi-gigimu selain kurang sehat bagi kesehatan organ yang ada di dalam tubuhmu juga dapat menyebabkan gigi menjadi tidak berwarna putih lagi. Omong-omong, gigi yang terkena alkohol ini juga menjadi bau yang tidak sedap. Selain itu, kandungan alkoholnya sendiri juga sudah memiliki bau yang tidak enak untuk dicium.

7. Rajin meminum air putih

Jangan salah. Air outih juga xapat membantu pemutihan oada gigi meski prosesnya tidak lh sebentar. Jika manusia dalam waktu sehari dianjurkan untuk meminum air dalam jangka waktu sehari adalah delapan gelas minimalnya, maka sisi baik dari tubuh kita selain merasa aktif dan lebih segar adalah sisa-sisa makanan yang mudah larut dan tertinggal pada gigi akan ikut larut juga seiring berlalunya air putih yang kamu minum menuju tenggorokan.

8. Periksa ke dokter gigi

Dalam jangka waktu 6 bulan sekali, kamu diwajibkan untuk periksa gigi ke dokter gigi. Bukan sebgai ajang lengecekan penyakit yang bersarang pada gigi, dokter juga akan membeikan clue apa saja yang harus kamu jalankan supaya gigi tetao terlihat putih dan menyehatkan. Toh dengan demikian kamu jafi tahu apa dan bagaimana kondisi gigimu. Sehingga jika ada penyakit yang perlu perbaikan pun kamu juga bisa langsung verobat dalam langkah penyembuhan gigimu.

Itulah beberapa point yang perlu kamu lakukan untuk membuat gigimu menjadi terlihat putih bersih seperti tidak ada kotorannya. Tentu memang butuh perhatian khusus dan dalam waktu terus-menerus karena untuk mendapat gigi putih yang sesuai keinginan tidak bisa dengan cara instan. Lalu, selain itu kamu juga perlu menjaga asupan makanmu.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Gigi Orang Dewasa

Seperti makanan apa saja yang kamu makan, dan panas atau tidaknya. Tentu sudah paham bukan, jika mkanan atau minuman terlalu panas dapat membuat lidahmu melepuh dan jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka warna gigomu juga akan berubah menjadi kekuningan.

Jika sudah begini nih biasanya berdampak pada gejala penyakit gigi yang lainnya, semacam gigi berlubang, plak pada gigi, sakit gigi, dan lain sebagainya.

× Buat Janji Dengan Dokter