8 Cara Mencegah Gigi Berkarang

Gigi berkarang? Duh! Mengganggu sekali ya. Selain memalukan karena membuatmu menjadi kurang percaya diri, ternyata gigi berkarang juga membuat napasmu berbau tidak sedap. Selain itu, pasti kamu juga merasa aneh dengan pertumbuhan karang di gigimu. So, karang pada gigi juga kurang menyehatkan.

Di sisi kamu merasa ada yang ganjil pada gigi, kamu juga merasa gigimu kurang sehat. Gigi berkarang juga merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah gigi berlubang.

Lalu, bagaimana sih cara mencegah timbulnya karang pada gigi? Oya karang gigi ini sendiri tuh sebenarnya merupakan plak atau kalkulus gigi yang mengeras sehingga sulit untuk dibuang meski hanya dengan menyikat gigi dua kali sehari. Simak poin-poin pada artikel berikut.

1. Rajin-rajin menyikat gigi

Omong-omong langkah atau tahap paling awal membuat gigi sehat di mana-mana yang utama adalah dengan cara menggosok gigi. Dengan demikian, kamu akan terlindungi dari resiko terparah setelah munculnya plak di gigi. Plak yang merupakan kalkulus gigi yang mengeras ini juga ternyata menjadi hambatan ketika bau napasmu tidak sedap. Selain itu, meski kamu dianjurkan untuk selalu menggosok gigi terlebih menggunakan pasta gigi semisal dua kali dalam waktu satu hari pun jika menggosok gigi terlalu sering, semisal sepuluh kali dalam satu hari akan membuat gigimu jadi tidak sehat.

2. Menggunakan bahan-bahan alami

Nah! Tips yang satu ini meski judulnya adalah menggunakan bahan-bahan alami, ternyata berlaku untuk kamu yang sudah terlanjur terserang plak di gig dan berniat untuk membersihkannya. Selain aman karena tidak tercampur dengan bahn-bahan kimia, penggunaan bahan-bahan alami jika misalkan tidak cocok di kamu maka tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Bahan-bahan alami ini biasanya dapat kamu peroleh dari alam dan sangat mudah di dapat.

3. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride

Tahukah kamu, jika kamu menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan yang disebut fluoride ini ternyata dapat mencegah perkembangan plak pada gigimu sehingga pertumbuhan si karang gigi ini dapat diminimalisir. Nah! Kandungan fluoride ini ternyata juga dapat melunturkan warna kekuningan pada gigi.

4. Hindari mengkonsumsi makanan secara sembarangan

Meski kamu diharuskan makan-makanan apa pun atau seadanya, kamu juga perlu supaya menghindari makanan sembarangan semacam menggigit tulang atau kamu memakan kerupuk yang kelewat matang. Nah! Kerupuk yang kelewat matang ini biasanya akan menimbulkan lengket pada gigimu dan jika kamu tidak segera menggosok gigi maka akan menumbuhkan bakteri-bakteri termasuk plak yabg akan menjadi karang pada gigi.

5. Lakukan metode flossing

Pernahkah kamu mendengar istilah flossing? Nah! Flossing ini merupakan salah satu metode yang mengandalkan benang untuk gigi dan bisa digunakan oleh kamu yang sudah terlanjur terserang plak keras yang berkarang pada gigi. Benang yang digunakan itu bukan sembarang benang ya, guys. Melainkan benang yang dikhususkan untuk membersihkan plak pada gigi. Dengan metode flossing ini maka plak pada gigimu akan semakin mudah dan cepat
menghilang.

6. Gunakanlah baking soda

Apa? Menggunakan baking soda? Yups! Ini juga salah satu alternatif buat kamu yang sudah terlanjur memiliki karang gigi cukup tebal. Baking soda ini merupakan salah satu bahan yang kamu gunakan jika karang gigimu sudah benar-benar parah dan sangat keras dihilangkan. Ingat! Hanya untuk menghilangkan karang saja ya. Bukan untuk dikonsumsi.

7. Menghilangkan karang gigi dengan menggunakan kulit jeruk

Omong-omong kulit jeruk merupakan cara paling mudah dan merupakan masuk ke dalam jajaran bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan karang pada gigi. Meski rasanhya sedikit pahit, kulit gigi merupakan cara teraman yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kerak gigi yang cukup memandel. Dengan kulit jeruk ini kamu hanya perlu menggosoknya secara perlahan dan tidak perlu keras-keras sebab akan membuat gigimu justru merasakan sakit.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Gigi Berlubang

8. Kurangi merokok

Meski dalam pencegahan gigi berlubang menghindari rokok juga disebutkan, dalam pencegahan karang gigi pun juga demikian. Kenapa? Sebab keluar masuknya asap roko yang mengandung berbagai bahan semacam nikotin akan menyisakan plak dalam sela-sela gigi kamu.

Kiranya itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah maupun menyembuhkan karang pada gigi. Ingat yaa kawan-kawan, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hal ini dikatakan demikian karena sebagai bentuk kepedulian kita terhadap karunia yang Allah berikan kepada kita para makhluk-Nya.

Dengan demikian ini juga sebagai bentuk kasih sayang kita dalam merawat tubuh kita agar tetap sehat wal afiat. Klau kita bisa menjaga, kenapa tidak dilakukan saja? Ternyata di luaran sana sudah banyak orang yang sakit namun ingin kembali normal seperti sedia kala loh. Oya semoga artikel ini bermanfaat yaa.

× Buat Janji Dengan Dokter